agen
  • Latest News

    Selasa, 11 November 2014

    MSI GE60 2PE Apache Pro


    Setelah sempat dibuat jatuh cinta oleh MSI GT70 Dominator Pro, kali ini TESGA kembali kedatangan sebuah laptop gaming hebat lainnya lagi, yang juga merupakan hasil pengembangan MSI. Dengan nama MSI GE60 2PE Apache Pro, laptop canggih ini memberikan pengalaman gaming yang sangat spesial dari segala aspek.


    Dari penampilannya, tubuh GE60 ini juga dibalut oleh bahan alumunium yang mirip dengan GT70 Dominator Pro yang telah saya review sebelumnya. Seperti sebelumnya, masih terdapat logo MSI berujud seekor naga pada bagian depan casing. Namun, dari ukurannya, GE60 jauh lebih ideal bila dibandingkan dengan kakaknya, GT70. Jadi, bisa dipastikan bahwa laptop gaming ini cocok untuk semua orang, baik pria maupun wanita yang sama-sama pecinta game.


    Di samping bentuknya yang lebih ideal, GE60 juga terasa jauh lebih ringan dan lebih tipis. Bila diibaratkan bak sebuah mobil, GT70 lebih mirip dengan Lamborghini yang terkesan canggih dan padat akan teknologi mutakhir. Sedangkan GE60 justru tampak anggun seperti Porsche yang selalu terlihat mengkilap dan fashionable. Akan tetapi, patut diakui bahwa saya lebih menyukai dan berharap bisa menggandeng keduanya secara bersamaan.


    Seperti halnya GT70, MSI masih menanamkan prosesor yang sama di dalam GE60, yakni Intel Core i7. Perbedaan terdapat pada bagian kartu grafis. Bila GT70 menggunakan Nvidia GTX880M, maka di GE60 akan ditemukan keberadaan Nvidia GTX860M. Hal yang sangat berbeda adalah pada bagian RAM-nya, yaitu 8 GB, berbeda dengan sang kakak yang memiliki kecepatan empat kali jauh lebih cepat daripada dirinya, yakni 32 GB. Tentu, berkat hal ini kita akan memafhumi bahwa GE60 tidak akan segesit GT70.


    Meski begitu, GE60 masih tergolong cepat, terlebih lagi bila dibandingkan dengan beberapa laptop gaming lainnya yang memiliki kisaran harga yang sama. Saya juga mencoba memainkan beberapa game, yang secara teknis dinilai cukup berat, ketika menggunakan GE60. Jadilah saya kembali bermain Titanfall, Watch Dogs, Blade & Soul, dan juga game fighting seperti Ultra Street Fighter. Semuanya berjalan dengan mulus, meski waktu loading-nya sudah tidak sekejap seperti di kala saya bersama GT70.


    Selain mesin yang cepat, kualitas suara tentunya juga menjadi salah satu poin yang harus diperhatikan oleh produsen laptop. MSI mengetahui hal ini, dan mereka tetap melengkapi GE60 dengan Dynaudio Dynamic Speaker, yang membuat suara sang naga kecil ini tidak kalah menggelegar dengan kakaknya, GT70. Dan, seperti yang saya katakan sebelumnya, kini saya tak lagi memerlukan speaker tambahan semenjak bertemu dengan kedua laptop gaming canggih dari MSI ini. Bahkan, tak hanya pada saat nge-game, ketika ingin menonton film pun, saya masih mengandalkannya.


    Lalu, GE60 Apache Pro pun masih tetap mengandeng SteelSeries guna mengoptimalkan kinerja pada keyboard-nya. Sebagai seorang gamer yang memberikan perhatian lebih pada gaming gear, kita semua tentunya mengetahui bahwa SteelSeries adalah salah satu vendor gaming gear terbaik di dunia. Maka dari itu, tidaklah perlu diragukan lagi untuk masalah kerja keyboard yang tertanam di GE60. Gamers bisa mengetik semau dan senyaman yang mereka inginkan.

    Yang cukup disayangkan, MSI tampaknya kurang memperhatikan masalah overheat alias mesin yang cepat panas ketika mereka memproduksi GE60. Laptop gaming ini dapat terasa menjadi panas dalam waktu singkat, terlebih lagi jika kita memakainya di ruangan non-AC. Untungnya, semua panas tersebut bisa dengan mudah didinginkan kembali menggunakan kipas yang tertanam di dalamya. Akan tetapi, saya masihlah berharap supaya MSI mempertimbangkan masalah ini dan segera menghilangkannya agar kenyamanan gamers ketika bermain game di GE60 tidak mendapatkan gangguan yang berarti.

    Secara keseluruhan, GE60 tetaplah seekor naga besar yang terbang di antara laptop-laptop gaming lainnya. Laptop ini cepat dan juga tidak gampang ngambek meski kita memakainya untuk membuka aplikasi maupun game kelas berat. Selain itu, penampilannya yang menawan juga menjadi poin plus. Bila bisa saya gambarkan, GE60 Apache Pro terlihat seperti Miranda Kerr yang sedang mengendarai Porsche. Cantik, cepat, dan elegan.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: MSI GE60 2PE Apache Pro Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top